Kamis, 27 Desember 2012

5 Cara Hindari Stres Saat Liburan


Selain menyenangkan dan memberikan suasana berbeda yang lebih rileks, musim liburan juga menimbulkan tekanan tertentu. Saat liburan, stres juga bisa datang tiba-tiba, akibat aktivitas yang tak hentinya dan mau tak mau harus dijalankan. Untuk mengurangi stres saat liburan, perhatikan lima hal ini:

1. Membuat prioritas.
Meski tawaran berkumpul bersama kerabat atau melakukan aktivitas tertentu terus berdatangan saat liburan tiba, Anda tak harus mengiyakan semua tawaran itu. Pertimbangkan apakah waktu Anda mencukupi untuk menjalankan berbagai kegiatan tersebut. Pertimbangan lainnya, apakah aktivitas tersebut bisa menimbulkan stres? Apakah Anda menyenangi kegiatan tersebut atau Anda hanya melakukan atau mengiyakan ajakan tersebut untuk menghindari perasaan bersalah? Buatlah prioritas aktivitas sesuai kebutuhan Anda.

2. Hindari keramaian.
Salah satu kemeriahan saat liburan adalah belanja. Mal juga berlomba memberikan penawaran khusus jelang liburan. Suasana meriah ini memang punya daya tarik, tapi juga berpotensi menimbulkan stres apalagi jika Anda terjebak dalam kemacetan saat menuju atau kembali ke rumah dari mal. Untuk menghindari ini Anda bisa menyiasatinya dengan belanja online. Anda tetap bisa mencari penawaran menarik lewat belanja online sambil bersantai di rumah saat liburan.

3. Ritual relaksasi.
Saat liburan Anda juga bisa melakukan ritual relaksasi. Menyingkirlah sementara dari keramaian, nikmati waktu sendiri di tempat yang tenang yang membuat Anda rileks sambil menjalankan perawatan tubuh atau menjaga kebugaran. Pilihannya, Anda bisa melakukan perawatan spa, mengikuti kelas yoga, meditasi atau sekadar berendam di bathtub.

4. Cari aktivitas menyenangkan.
Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk tetap rileks di tengah hiruk pikuk liburan. Cara sederhananya cukup dengan menonton film komedi yang memancing tawa atau setidaknya dapat membuat Anda tersenyum yang membuat pikiran lebih rileks.

5. Tetap hidup sehat.
Liburan bukan berarti tanpa batasan. Anda tetap perlu menjaga pola makan, berolahraga dan cukup tidur. Tiga hal ini penting untuk membuat tubuh sehat dan membebaskan Anda dari stres. 

Anda bisa melakukan tiga hal ini sambil berlibur. Saat jalan-jalan di mal misalnya, Anda bisa beraktivitas fisik dengan berjalan kaki beberapa putaran. Saat diundang makan-makan merayakan liburan, pilih sayuran dan buah-buahan. Asup juga vitamin dan mineral untuk menjaga pencernaan. Pastikan Anda tetap bisa tidur 7-8 jam, jika merasa perlu tidur saat akhir pekan, berilah waktu pada tubuh untuk beristirahat.

Jika saat liburan Anda justru merasa muncul tekanan, dan kurang rileks, lakukan lima hal ini. Atau Anda punya cara lain untuk mengurangi stres akibat aktivitas padat saat liburan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar