Kamis, 13 Desember 2012

7 Manfaat Penting Serat bagi Tubuh


Serat dapat melindungi Anda dari berbagai keluhan, mulai dari kelebihan berat badan, gangguan pencernaan, kolesterol dan diabetes.

Serat dikenal untuk membantu pencernaan dan mencegah Anda dari berbagai macam penyakit. 

Namun serat juga memberikan manfaat lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan bila mengonsumsi makanan kaya serat? Berikut penjelasannya.

Umur Panjang 
Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang dengan rutinitas sehari-hari yang memenuhi kebutuhan serat (sekitar 14 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi) memiliki kesempatan untuk hidup sembilan tahun lebih lama daripada mereka yang tidak mengonsumsi sebanyak itu.

Menjaga Kesehatan Usus
Memang, tidak ada hubungan antara serat makanan dengan risiko kanker usus. Namun demikian kebutuhan serat secara tidak langsung mampu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

Menurunkan Kolesterol
Serat larut memainkan peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang biasanya memicu penyakit jantung.

Mencegah Diabetes
Diet tinggi serat juga memperlambat penyerapan gula dalam darah. Jadi seseorang yang rajin memenuhi kebutuhan serat harian akan memiliki sedikit risiko diabetes tipe 2.

Pencernaan
Bila Anda mengalami gangguan usus, ini merupakan pertanda bahwa Anda harus mengoonsumsi lebih banyak serat.

Menurunkan Berat Badan
Fiber memiliki kecenderungan untuk membuat perut terasa penuh (kenyang) dalam waktu lebih lama. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan malas untuk makan makanan berserat.

Mencegah Serangan Jantung
Dalam sebuah penelitian jangka panjang, konsumsi makanan berserat juga dikaitkan dengan mencegah penyakit jantung. Penelitian ini juga membuktikan bahwa serat yang bergizi juga mencegah peradangan dan menurunkan tekanan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar