Rabu, 26 Desember 2012

Jokowi Anggarkan Rp 1 Triliun untuk Bangun GOR

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelontorkan uang sebesar Rp 1,05 triliun untuk membangun gelanggang olahraga di Ibu Kota. Rencananya, GOR tersebut akan dibangun di bekas Taman BMW, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

"Tahun depan akan dimulai, dua tahun rampung. (Dana) dari APBD semua, duitnya ada," ujar Jokowi seusai menghadiri peresmian Taufik Hidayat Arena (THA) di Jalan Raya PKP Nomor 8, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (10/12/2012) sore.

Mantan Wali Kota Solo itu menyatakan dukungannya terhadap aktivitas olahraga bagi masyarakat DKI. Oleh sebab itu, selain membangun GOR yang rencananya akan menjadi ikon baru di Jakarta, Jokowi turut merevitalisasi GOR yang ada di Ibu Kota. Ia pun telah mendapat laporan mengenai kondisi GOR dari Dinas Olahraga Daerah dan Pemuda (Disorda). Meski mengaku tidak hapal berapa jumlah pasti, Jokowi cukup prihatin dengan kondisi GOR yang kerap digunakan tida sesuai dengan fungsinya.

"Sering dipakai untuk kawinan. Untuk olahraga kok dipakai untuk kawinan. Olahraganya 2 kali, kawinannya 12 kali. Saya sudah peringatin ke Kepala Dinas Olahraga," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, kebijakannya itu semata-mata dilakukan untuk meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia. Infrastruktur yang menunjang kegiatan para atlet muda mutlak didirikan, baik sepak bola, bulutangkis, maupun cabang olahraga lain. Jika infrastruktur telah disiapkan, proses selanjutnya adalah pola pembinaan yang tepat.

"Semuanya yang berkaitan dengan cabang olahraga harus ada dulu. Baru setelahnya memasuki babak kedua pembinaan, pembinaan pemain yang dimulai dari usia dini. Nyetak pemain instan enggak mungkin," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar