Selasa, 05 Februari 2013

Before Sunrise (1995) and Before Sunset (2004)


Before Sunrise (1995) dan Before Sunset (2004) adalah film drama romantis yang tidak biasa. Tidak biasa di sini maksudnya beda dengan film drama romantis. Kedua film yang saling berhubungan ini mengandalkan akting Ethan Hawke (play as Jesse) dan Julie Delpy (play as Celine) dan dialog-dialog cerdas yang mengalir apa adanya serta pemandangan kota Vienna (Before Sunrise) dan kota Paris (Before Sunset) yang akhirnya menghasilkan film drama romantis yang sangat memikat.

A very recomended movie, for sure ;)

Kisah cinta yang tidak biasa.

Bertemu di kereta dan akhirnya memutuskan untuk menghabiskan satu hari bersama-sama setelah mengobrol sebentar. Keputusan nekad (bagi saya) untuk Celine.
Gimana nggak nekad, baru kenalan ama cowok, orang dari negara lain pula (Celine dari Perancis, Jesse dari Amerika Serikat) tapi udah berani meng-iya-kan ajakan Jesse untuk jalan bareng.

Yaah, kalo si Celine gak mau ya gak ada juga ini film :p

Maka dari perjalanan mereka berkeliling kota itulah yang membuat mereka saling bercerita dan mengenal satu sama lain. Dari situlah mereka merasa tertarik satu sama lain, dan di akhir film, sebelum mereka akhirnya berpisah, Jesse dan Celine saling berjanji untuk bertemu kembali di kota tersebut enam bulan yang akan datang. Tanpa saling menukar nomor telepon. Mereka menganggap saling menukar nomor telepon itu konyol.

Dan cerita tentang dua orang asing yang saling jatuh cinta itu pun berakhir. Kemudian dilanjutkan kembali di tahun 2004.

Di sini, Jesse telah menjadi seorang pria yang mapan, seorang penulis buku best-seller yang sedang mempromosikan bukunya di beberapa kota di dunia, dan kota Paris adalah kota terakhir yang dikunjunginya.

Jesse merupakan sosok yang lebih dewasa, dan dari luar terlihat memiliki kehidupan yang sempurna; mapan, memiliki istri dan juga anak dan terlihat sangat bahagia dengan kehidupannya.

Apakah Jesse benar-benar bahagia? Ternyata tidak. Dibalik tampilan kehidupannya yang begitu sempurna, ternyata Jesse menyimpan kekosongan pada dirinya. Iya, Jesse itu sebenarnya hampa. Hampa, tanpa Celine yang sebenarnya orang yang benar-benar ia cintai.

Memang, dari awal (Before Sunrise) kita bisa melihat chemistry Jesse dan Celine yang begitu kuat. Padahal mereka baru saling mengenal.

Di toko buku tempat Jesse menggelar launching, ternyata ada Celine!
Dan di sisa waktu Jesse sebelum kembali terbang ke Amerika diisi dengan berbagi cerita dan berkeliling kota Paris bersama Celine.

Saya speechless ketika menonton kedua film ini. Filmnya benar-benar indah, dan di mata saya nggak ada celanya :)

Jadi, saya memberikan nilai 10, nilai yang sempurna untuk kedua film ini :D
Walaupun saya lebih suka film yang pertama, karena lebih kompleks.
Kompleks? Ya iya laa, secara mereka baru saling kenal kan hahahaha :p

Sementara itu, Rotten Tomatoes memberikan rating 100% untuk Before Sunrise dan 95% untuk Before Sunset. Dan IMDb memberikan nilai 8 untuk keduanya.

Tapiii, saya sebenarnya kesal juga sih sama si Jesse pas film kedua.
HE IS A MARRIED MAN, BUT HE SAID HE STILL IN LOVE WITH CELINE.

Hueeeeh... Dasar lelaki gak bersyukur. Kalo emang masih pengen ama Celine, yah jangan nikah ama istrinya yang sekarang. Saya sebagai perempuan ngerasa gimanaaa gitu, gimana pun, Jesse nggak jujur dengan dirinya di awal, jadi bisa bikin dirinya sendiri, istrinya dan Celine sakit hati. Ya iya laa... Makanya si Celine jadi agak ogah-ogahan gitu sama si Jesse.

Well, semoga review saya kali ini bermanfaat. Btw, ada perbaikan gak tulisan saya dari segi me-review?  Please comment, if you want to. Kalo gak mau, ya gpp :p


Enjoy the movie! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar