Kamis, 21 Maret 2013

BB Cream Efektif untuk Merawat Kulit, Asalkan...


BB cream atau Blemish Balm cream kini ikut jadi tren di Indonesia. Produk kosmetik yang populer di Korea tersebut memang mengklaim dapat menjadikan kulit tampak lebih putih natural dibanding menggunakan foundation sekaligus merawat wajah. 

BB cream berasal dari Jerman yang diciptakan oleh Dr Christine Schrammek di tahun 1950. Awalnya, BB cream didesain untuk pasien pasca menjalani operasi laser kulit untuk membantu menghilangkan, menutupi bekas luka, serta regenerasi sel kulit. Hingga, produk all-in-one itu menjadi rahasia bintang Korea. 

BB cream berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah, melembabkan, mencerahkan wajah, mengkamuflase tampilan kerut serta melindungi kulit dari sinar matahari karena mengandung SPF. Dari manfaat-manfaat tersebut, banyak wanita yang mengandalkan BB cream sebagai perawatan kulit. Apakah benar BB cream bisa diandalkan sebagai perawatan kulit?

"Tergantung dari bahan aktif yang terkandung di dalam BB cream tersebut, yang telah terbukti secara ilmiah dan klinis dapat memberikan manfaat pada kulit. Misalnya untuk melembabkan kulit, harus terdapat kandungan yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Begitupun untuk meremajakan, mencerahkan dan sebagainya dengan kadar yang harus cukup. Contohnya panthenol, vitamin C, arbutin, dan sebagainya, harus dengan kadar yang cukup", ujar dr. Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK kepada Wolipop melalui wawancara singkat pada Sabtu (1/12/2012).

Meski kandungan dalam BB cream dapat merawat kulit, namun tidak sepenuhnya memberikan hasil yang signifikan. Apalagi jika kulit Anda memiliki masalah khusus, seperti kulit kering, kerut atau kusam. BB cream hanya untuk mengkamuflase tampilan yang ada. 

"Jika kulit Anda memiliki masalah khusus, seperti kulit kering, kerut, flek dan sebagainya, maka diperlukan terapi dan perawatan khusus yang disesuaikan dengan kelainan kulitnya. BB cream yang baik mungkin dapat membantu menyamarkan atau menutupi kekurangan tersebut, dan mungkin juga dapat membantu memperbaiki kelainan kulit tersebut," ujar dokter yang berpraktek di klinik Beyoutiful, Jakarta Selatan.

dr. Nindi menjelaskan BB cream tidak untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan kelainan kulit. Juga, sebaiknya penggunaan BB cream disesuaikan dengan jenis dan warna kulit masing-masing. 

Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, tentu harus tetap menggunakan moisturizer tambahan. Begitupula dengan kandungan SPFnya yang belum tentu bisa diandalkan. Beberapa produk BB cream mengandung SPF 15. Jika Anda lebih banyak di dalam ruangan kadar SPF 15 cukup untuk melindungi kulit, akan tetapi jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan setidaknya membutuhkan SPF 30.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar