Kamis, 21 Maret 2013

Tips Hadiri Pernikahan Mantan Saat Anda Masih Sendiri


Mendapat undangan pernikahan dari mantan seringkali menjadi hal yang tak diharapkan. Apalagi, jika Anda masih menyisakan perasaan terhadap sang mantan. Melihat orang yang pernah kita cintai menikah dengan orang lain pastinya merupakan situasi yang kurang nyaman. Tapi bukan berarti Anda harus menghindarinya. Ikuti saja beberapa tips berikut ini:

1. Pastikan Anda Memperhatikan Penampilan
Jangan datang dengan penampilan yang terlalu santai. Usahakan untuk tampil lebih cantik dari biasanya, namun tidak berlebihan. Tak perlu terkesan ingin menyaingi kecantikan si pengantin wanita. Jangan juga datang dengan baju yang terbuka sehingga Anda terkesan ingin menarik perhatian. Kenakan busana yang elegan dan cantik, pulaskan makeup yang cukup, dan tata rambut yang cocok sehingga penampilan Anda lebih sempurna.

2. Ramah
Tak ada gunanya datang ke pernikahan mantan dengan wajah tertekuk. Jika Anda sudah menyiapkan mental untuk datang, hiaslah wajah Anda dengan senyuman. Sapa sang mantan dan istrinya pada saat bersalaman. Ucapkan selamat namun tidak perlu basa-basi berlebihan hingga nanti Anda salah ucap. Cukup ucapkan salam dan selamat kepada keduanya.

3. Tinggalkan Masa Lalu
Si dia kini sudah membuka lembaran baru, jadi tak perlu membawa kembali masa lalu di hari pernikahannya. Ketika ada kesempatan berbicara dengan sang pengantin, tak perlu mengungkit kenangan masa lalu Anda dengan mantan, sikap demikian menunjukkan Anda belum rela melepasnya. 

4. Sapa Keluarganya
Jika Anda mengenal keluarganya, sapa mereka jika bertemu. Tak perlu menghindar, hadapi saja dan sapa mereka dengan menanyakan kabarnya. Siapa tahu suatu saat Anda masih membutuhkan mereka. Ucapkan selamat kepada kedua orang tuanya dengan senyuman. Tapi tak perlu berbicara terlalu lama dengan orang tuanya. Sang pengantin wanita kemungkinan akan merasa tidak nyaman melihat mantan pacar suaminya berbincang terlalu akrab dengan sang mertua.

5. Berikan Hadiah
Tak ada salahnya memberikan hadiah sebagai ucapan selamat. Tak perlu berlebihan cukup sesuai kemampuan saja. Jika Anda berniat menulis kartu ucapan, cukup tulis ucapan dengan singkat dan seperlunya. Jangan curhat berpanjang-panjang dan membuat Anda terlihat menyedihkan.

6. Hindari Hal-hal yang Memalukan
Jika ada panggung live music, tak perlu menawarkan diri untuk menyanyi. Tolak saja dengan halus jika memang ditawarkan. Hindari hal-hal yang terlalu menarik perhatian banyak orang. Sebagai mantan, apalagi jika hubungan Anda cukup lama, kemungkinan banyak tamu mengenal Anda. Hindari hal-hal yang membuat Anda terlihat menyedihkan atau berlebihan. Berebut buket bunga dengan antusiasme berlebihan juga sebaiknya tak perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang akan membuat Anda malu.

7. Ajak Pendamping
Jika memungkinkan, ajak pendamping untuk menemani Anda selama pesta pernikahan. Teman pria yang menarik bisa dijadikan pilihan. Tapi jangan memaksakan diri. Jangan mengajak pria yang baru Anda kenal hanya sekadar supaya Anda punya gandengan untuk datang ke pernikahan mantan. Tidak perlu juga berlebihan menunjukkan kemesraan jika Anda datang dengan kekasih. Apabila tak ada teman pria atau kekasih yang bisa diajak, minta sahabat Anda untuk menemani. Pendamping ini berguna untuk mencegah Anda dari salah tingkah karena datang sendirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar