Kamis, 24 Januari 2013

Baju Wizard of Oz Bakal Dilelang

Pakaian kerja berwarna putih dan biru milik Judy Garland yang digunakan dalam drama musikal klasik Wizard of Oz akan dilelang. Menurut juru bicara rumah lelang, pakaian tersebut diharapkan bisa terjual hingga setengah juta dollar AS.


Pakaian, yang terdiri atas sebuah gaun kotak-kotak dan blus lengan gembung, yang digunakan Garland dalam film produksi tahun 1939, akan dijual di Rumah Lelang Julien, Beverly Hills padabulan depan.


Seperti dilansir Reuters, Julien memperkirakan pakaian ini akan bisa terjual dengan harga antara 400 ribu dollar AS dan 600 ribu dollar AS, namun kostum ikonik Hollywood yang serupa sudah mencapai perkiraan penjualan beberapa tahun terakhir.

Direktur Rumah Lelang Julien, Darren Julien, mengatakan gaun yang dirancang desainer MGM, Adrian, tidak pernah ditawarkan untuk dijual bahkan dipamerkan, sejak desainer kostum MGM, Kent Warner menjualnya kepada Christie tahun 1981.

"Ini adalah salah satu potongan penting, dan saya yakin kolektor di seluruh dunia ingin memilikinya," kata ahli kultur pop dari Collector's Lab, Laura Woolley, sebuah penilaian untuk kolektor, museum dan institusi lainnya dalam sebuah cuplikan video yang diunduh di situs Youtube oleh Julien.

"Baju ini merupakan baju yang akan langsung dikenali oleh orang-orang begitu melihatnya," katanya sambil menambahkan gaun ini juga tampil menonjol dalam musikal Technicolor, yang masih populer baik oleh anak-anak maupun orang dewasa 75 tahun setelah dibuat.

Baju Garland lainnya yang digunakan untuk tes pengambilan gambar berhasil meraup hampir 1 juta dollar AS pada lelang tahun lalu, harganya 910 juta dollar AS atau 10 kali lipat lebih besar dari perkiraan yakni 60 ribu dollar AS hingga 80 ribu dollar AS.

Saat penjualan yang sama dari kostum bintang film seperti koleksi Debbie Reynold, yang terjual hampir 23 juta dollar AS, gaun ikonik Marilyn Monroe dari film The Seven Year Itch tahun 1955 terjual dengan harga 1,6 juta dollar AS atau 5,5 juta dollar AS termasuk komisi dan pajak.

Gaun Wizard of Oz ini akan dipamerkan di Julien di Beverly Hills 5-8 November sebelum dilelang.

Memorabilia Hollywood lain yang akan ditawarkan pada lelang 9-8 November termasuk gaun tanpa tali Edith Head yang dipakai Elizabeth Taylor dalam A Place in the Sun, yang diperkirakan terjual 20 ribu dollar AS hingga 30 ribu dollar AS, dan tiga panel karya seni (triptych) Cecil Beaton dengan gambar Marilyn Monroe yang digantung di apartemen Marylin Monroe di New York, diperkirakan terjual 35 ribu dollar AS hingga 40 ribu dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar